Tugas Blog Etika Bisnis Ke-3

Nama             : Dini Nurcahyani
NPM              : 11215962
Kelas              : 3EA23
Universitas Gunadarma

Review Iklan : Eskulin Cologne Gel


Review :

1. Keunikan
Iklan Eskulin Cologne Gel yang berdurasi selama 30 detik ini dapat dikatakan unik karena seiring berjalannya waktu iklan produk ini terus mengalami inovasi dengan pembaruan-pembaruan yang lebih unik, meskipun dengan konsep yang sama yaitu menjelaskan pentingnya produk ini untuk menambah tingkat percaya diri pada anak muda, terutama untuk para siswi. Bahkan dapat dikatakan iklan ini selalu berganti pemeran iklan di setiap tahunnya. Seperti yang saya tahu bahwa dulu iklan ini diperankan oleh girlband-girlband terkenal di Indonesia seperti JKT48, Cherrybelle, dan yang saya review disini adalah yang diperankan oleh Girlband Indonesia terbaru yaitu Soul Sisters. Selain pemeran iklannya yang terus-menerus di perbarui, soundtrack iklan ini pun mengalami inovasi, dan sekarang menggunakan sountrack lagu Cherry Belle-Brand New Day dimana liriknya dimodifikasi untuk mendeskripsikan produk Eskulin Cologne Gel.



2. Kelebihan
       Kelebihan dari iklan ini adalah full menggunakan modifikasi lagu di dalamnya sehingga penonton yang melihat iklan ini dapat langsung menghapal dan mengenal produk ini. Dimana di dalam soundtrack lagu iklan ini juga dijelaskan dengan detail kegunaannya, seperti pada lirik "Wanginya nempel sepanjang hari"  dan "gak lengket di kulit" sehingga memberi penjelasan bahwa meskipun farfum ini berwujud gel namun tetap nyaman di kulit penggunanya.
       Di dalam iklan juga dijelaskan bahwa produk ini dapat meningkatkan mood remaja di awal hari karena kesegaran wanginya sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Pemeran dalam iklan ini pun memerankan dengan memiliki daya tarik yang tinggi dimana ceritanya ada 1 orang remaja wanita yang iri ketika ada beberapa remaja yang populer di sekolah karena memakai Eskulin Cologne Gel, sampai ketika mereka lewat semua orang terkesima. sehingga 1 siswa yang tadi pun ikut menggunakan produk ini dan akhirnya dapat lebih percaya diri dan menjadi populer seperti teman-teman yang lain.




3. Kekurangan
Iklan ini jarang ditemukan, hanya di beberapa stasiun tv dan acara tertentu saja yang berbau remaja dan anak muda, sehingga dapat dikatakan kurang populer. Girlband yang berperan di iklan ini pun kurang terkenal,tidak seperti iklan Eskulin Cologne Gel sebelumnya yang diperankan oleh JKT48 dan juga Cherrybelle yang merupakan girlband-girlband Indonesia yang terkenal.

Kesimpulan :
Iklan ini sudah cukup bagus dan detail untuk menarik perhatian dan memperkenalkan produk dengan soundtrack lagunya yang mudah diingat, serta pergantian pemeran juga sangat menarik karena membuat penonton tidak jenuh dengan iklan yang begitu-begitu saja.

Sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=nfcJ_46AUig

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Exercise 4

Tentang Kontribusi Koperasi, Hambatan, Tantangan, serta Strategi Koperasi dan Koperasi Syariah.

Analisis Studi Kasus Manajemen Pemasaran Global - Perusahaan Lenovo